Sabtu, 04 Mei 2013

Membangun Kelas Menengah Kader PKS | by @MardaniPKS


Mardani Ali Sera
@MardaniPKS
Penikmat perjalanan, menyukai manajemen, Komisi I DPR




  1. Bismillah, sdh agak luang, ijinkan sy twitt ttg Membangun Kelas Menengah Kader.

  2. Jika melihat sirah Nabi Saw, diantara pengikut awal adalah sahabat berkategori kuat secara ekonomi.

  3. Beberapa: Abu Bakar, Usman, Umar bin Khattab. Bahkan Nabi Saw bersama sang istri Khadijah ra. termasuk dlm kelompok eknomi kuat sbg pedagang sukses.

  4. Tdk heran jk dlm al qur'an banyk ayat yg memerintahkan infaq, zakat n sedekah. Dan hanya 2 ayat yg memuat tentang fuqara n masakin.

  5. Tdk hanya itu, keempat Imam Besar kita: Maliki, Hambali, Hanafi n Syafi'i smuanya terkategori sbg pedagang besar..

  6. ...yg memiliki financial freedom shg sangat tegas dlm memberikan fatwa.

  7. Sehingga nampak jelas bahwa hubungan dakwah dan ekonomi sejak awal sangat mutualisme simbiosis.

  8. Pada awalnya dakwah memerlukan back up kekuatan ekonomi kadernya.

  9. Tapi pada kondisi ketika dakwah sudah meluas dan mendapat dukungan publik, justru ekonomi kader dan jamaah akan sgt terbantu.

  10. Pada tahap inilah kegagalan menyeimbangkan antara prestasi rekrutmen dakwah dg penyiapan Kelas Menengah Kader...

  11. ... akan membawa dampak pada  tidak kokohnya perkembangan dakwah.

  12. Pada suatu kondisi, dakwah harus memasuki tahap objektivikasi nilai2 nya menjadi prestasi amal kebajikan dengan semua instrumennya.

  13. Publik merasa keindahan nilai dakwah mrlalui layanan2nya baik barang atau jasa yg diakui publik.

  14. Dlm konteks perjuangan dakwah kita di Indonesia dimana medan politik menjadi salah 1 medan utamanya, biaya politik cukup tinggi.

  15. Sehingga terbentuknya kelas menengah kader akan menjadi tulang punggung utama.

  16. Tanpa dukungan kelas menengah kader,  ada kecenderungan yg mesti diperhatikan merebaknya ekonomi rente, ekonomi orang tengah/makelar…

  17. ... hingga dijadikannya  kader atau intitusi dakwah sbg kendaraan bagi mereka yg memiliki kekayaan.

  18. Jika ini terjadi (maka) perkembangan dakwah bisa terganggu. Lalu bagaimana kelas menengah kader dibangun?

  19. Yg pertma perlu didefinisIkan yg dimaksud dg kls menengah. Dlm kategori ekonomis, kelas menengah didefinisikan mereka yg berpenghasilan 2-20 USD/day.

  20. Biasanya dg penguatan ekonomi kelas menengah juga menikmati posisi sbg pressure group di masyarakat.

  21. Lebih mandiri dan lebih vokal. Latar belakangnya bisa mereka yg dg kekuatan intelektualnya menjadi birokrat,

  22. ..kelompok middle manajemen di perusahaan hingga mereka yg mempraktekan wirausaha.

  23. Dlm konteks inilah hadits Nabi bahwa 9 dari 10 pintu rizki itu melalui bisnis.

  24. Imam Hasan Al Bana bahkan mengingatkan kita dg kata2nya, "Berdaganglah kalian krn Nabimu pun seorang pedagang."

  25. @anismatta pun pernah menjelaskan, dari tiga kelompok masyarakat: privat sector (usahawan penggerak ekomomi) jauh lebih powerfull...

  26. ...dibanding public sector (pemerintah dan negara dg seluruh perangkatnya) dan third sector (sektor k3 yg terdiri dr kekuatan masyarakat sipil).

  27. Seorang Bill Gates, pd 2004 memiliki kekayaan 56 bilyun US dolar mendekati angka APBN Ind pd tahun itu 600 trilyun rupiah.

  28. Dan tdk ada langkah instan membangun bisnis. Jika melihat biografi para pahlawan ekonomi yg berjiang mll jalur bisnis...

  29. ...mereka memiliki karakter diri yg amat mirip dg pejuang dakwah. Di antaranya: 1. Memiliki etos kerja yg tahan banting.

  30. Seperti juga dai yg tak pernah menyerah dlm membina umat, seorang enterpreneur selalu mampu bangkit dr berbagai krsis atau tekanan yg datang.

  31. Kisah Liem Shio Liong, keluarga Suryajaya, keluarga Riady hingga keluarga Haji Kalla atau keluarga Bakrie.

  32. Relevan n diperlukan, demikian jg usahawan. Kisah pak Utomo melahirkan minuman kemasan Aqua atau group Ciputra yg mengubah ...

  33. ... kawasan Bintaro jadi the professionsl city bukti betapa pasar bukan hanya dicari tapi diciptakan.

  34. Terakhir, usahawan selalu tahu rumus: makin dermawan makin banyak untung.

  35. Google adalah perusahaan paling cepat berkembang didunia. Rahasianya 1: dermawan memberikan layanan search engine google ...

  36. ... dan layanan email gratis gmail dg kapasitas yg terus meningkat.

  37. Dai pun demikian, tingkat keberkesanannya ditentukan tingkat keikhlasan dan kedermawanannya.

  38. Jadi membangun kekuatan dakwah tanpa dibarengi kekuatan ekonomi  pasti pincang.

  39. Karena itu, wajib hukumnya bagi gerakan dakwah utk segera mewujudkan Kelas Menengah Kader yg menjadi tiang bagi kekuatan dakwah itu sendiri.

  40. Sekian sharing ttg #Kader, smg bermanfaat. Wallahu'alam...
  41.  Sumber: @pkspiyungan